Selamat Datang di Website Resmi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) PEMERINTAH PROVINSI BANTEN
Jumat, 17 Juni 2016 - 11:11:44 WIB
PERATURAN KPU TEKAIT PILGUB 2017
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Peraturan Gubernur - Dibaca: 529 kali

Tahapan Pelaksanaan Pilgub Banten masih menunggu Peraturan KPU RI terkait Pilgub serentak pada 2017.

 

PROVINSI BANTEN - "Kita masih menunggu peraturan KPU untuk Pilgub 2017. Karena yang ada sekarang ini peraturan KPU Pilgub 2015," kata Ketua KPU Banten, Agus Supriatna, di Serang, Senin (11/1).
Menurut Agus, Banten termasuk salah satu provinsi yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah serentak pada 2017. Namun kepastian tanggal pelaksanaan pemungutan suara pilkada 2017 belum ada kerana belum keluar Peraturan KPU-nya. "Peraturan KPU itu yang akan mengatur tahapan pelaksanaan Pilkada atau Pilgub serentak. Kemungkinan saat ini KPU masih sibuk berurusan dengan gugatan hasil pilkada kemarin," kata Agus.

Ia mengatakan, jika pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak pada 2017 dilaksanakan pada Februari 2017, maka kemungkinan tahapan Pilgub Banten akan dimulai pada April 2016. "Ini baru perkiraan saya saja, mungkin April baru mulai tahapan pilgub," kata Agus.
Jika tidak ada pilkada serentak, kata dia, maka jadwal pelaksanaan Pilgub Banten seperti biasanya dilaksanakan akhir 2016, karena masa jabatan gubernur Banten periode sekarang ini akan berakhir pada 11 Januari 2017. "Kepastiannya kami masih menunggu Peraturan KPU untuk Pilgub 2017 mendatang," katanya.
Untuk menghadapi Pilgub Banten 2017, sejumlah partai politik di Banten sudah mulai ancang-ancang untuk mengusung kader terbaik partainya. PKS misalnya sudah mewacanakan untuk menjagokan kader terbaiknya untuk Pilgub Banten 2017 diantaranya mantan Mentan Anton Apriantono dan ahli Kanker Dr Warsito serta calon lainnya dari anggota DPR Fraksi PKS. PKS Banten saat ini akan segera melakukan pemilihan internal partai, untuk menentukan kader terbaik artainya yang dipilih untuk diusung dalam Pilgub Banten 2017.
Ketua DPD Partai Golkar Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pihaknya siap mengusung kader terbaik dari internal Partai Golkar untuk Pilgub Banten 2017. Pihaknya akan segera melakukan survei, mengidentifikasi kader partai Golkar di Banten yang potensial diusung untuk Pilgub Banten.